Skip to main content

APA SIH KELEBIHAN SOLIDWORKS???

SOLIDWORKS

Solidworks adalah salah satu CAD (Computer Aided Design) software yang dipublikasikan oleh DASSAULT SYSTEMES. software ini  sering sekali kita temukan digunakan untuk merancang komponen manufacturing entah itu permesinan, furniture, dan sebagainya yang membutuhkan part, assembly, dan berbagai analysis dengan tampilan 3D.

Pada  tahun 1995 secara resmi software solidworks diperkenalkan di publik menyusul software manufacture lainnya yang lebih dulu di rilis kepasar (Pro-ENGINEER, NX Siemens, I-Deas, Unigraphics, Autodesk Inventor, Autodeks AutoCAD dan CATIA). 

Seiring perkembangan zaman saat ini banyak sekali perusahaan di Indonesia melirik software yang satu ini, menurut informasi Wikipedia, SolidWorks saat ini digunakan oleh lebih dari 3/4 juta insinyur dan desainer di lebih dari 80.000 perusahaan di seluruh dunia. Untuk permodelan pada industri Furniture dalam hal pembuatan pattern nya, program program 3D seperti ini sangat membantu sebab akan memudahkan operator pattern untuk menterjemahkan gambar menjadi pattern/model casting yang tentunya akan mengurangi kesalahan pembacaan gambar yang bisa mengakibatkan salah bentuk. Nah apasih kelebihan dari software ini selain pettern yangudah kita bahas? Ini jawabannya pemirsa pada industri permesinan, selain dihasilkan gambar kerja untuk pengerjaan mesin manual juga hasil geometri dari dari suatu produk desain, aplikasi pada SolidWorks ini bisa secara langsung diproses dengan CAM program untuk membuat G Code yang dipakai untuk menjalankan proses permesinan automatic dengan CNC, software aplikasi CAM yang bisa digunakan antaralain :

  • MASTERCAM
  • SOLIDCAM
  • VISUALMILL 
  • dan lain-lain. 
Selain 2 kelebihan diatas yang peling mencolok dari software ini adalah:
1. Seperti halnya autodesk inventor Solidworks mempunyai kemampuan parametric modeling yang memanjakan para drafter nih, yaitu kemampuan untuk melakukan design serta pengeditan dalam bentuk solid model dengan data yang telah tersimpan dalam data base. dengan kemampuan ini memungkinkan sekali para drafter memodivikasi design tanpa harus mengulang design 

2. Assembly pada solidworks mempunyai fiture animation (montion study) yang memungkinkan para drafter membuat simulasi  explode part, collapse part dan analysis nih para blogger. 



Hasil dari animasi ini tentunya dapat disimpan dan dapat diputar di software-software pemutar video kawan-kawan.



3. Mempunyai kemampuan menghitung Bill of Materia secara otomatis dalam fiture drawing serta dilengkapi dengan automatic create technical 2D drawing. jadi dalam prosses penyajian drawing para drafter tidak usah lagi menggambar beberapa tampilan lagi (tampak depan, atas, samping, explode view, dan collaps view) dengan kemampuan ini solidworks dapat menyajikan secara otomatis tampilan tampilan tersebut hanya dengan model 3D yang kita buat sebelumnya.






4. Dilengkap dengan kemampuan rendering image yang cukup mumpuni sehingga dapat menghasilkan model yang lebih halus dan kabarnya solidworks adalah penyempurnaan dari software CATIA, jadi bisa dikatakan software ini sangat bagus dalam permodelannya



5. Analysis, Solidworks dilengkapi dengan analysis model dalam hal ini drafter bisa saja langsung bisa menghitung hambatan model, kekuatan model, dan fatigue model tersebut dengan metode finite elemen analysis yang sudah di sediakan.



6. Material yang terdapat dalam software ini juga cukup lengkap kawan- kawan, mulai dari metal, plastic, dan kayu. Jadi jika kita susah untuk membayangkan model yang kita buat, material ini bisa saja membantu kita dalam membayangkan warna, bentuk material, dan visual material alam bentuk hampir menyerupai nyata kawan.



7. Untuk permodelan metal kawan-kawan akan dimanjakan dengan fiture sheet metal yang ada pada software solidworks. dengan fiture ini memungkinkan para drafter untuk melihat bagaimana bentuk model jika dijadikan plat datar sebelum di tekuk 



8. Weldment, Solidworks juga ada permodelan struktural seperti profil pipa, siku, H beam dll atau pun fiture2 pengelasan yang memungkinkan para drafter untuk menggambar pengelasan.

9. Beberapa kelebihan diatas sudah kami rangkum dalam video singkat kami. silahkan klik klik disini



Itu lah kira-kira beberapa kelebihan software solidworks, mungkin masih banyak kelebihan lain yang penulis belum sebutkan disini. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya. baca juga ( mengenal kelebihan autodek inventor )

jangan lupa follow instagram kami : @13taufiq_

untuk pemula jangan kawatir, saya ada kok video sederhana untuk kalian belajar softwere ini berikut list nya silahkan dipilih tinggal klik dan gratis kawan-kawan,
- basic dari jpg dibuat part, assembly, drawing gambar kerja klik disini
- video 1 cara mudah membaca dan membuat gambar 2D menjadi 3D menggunakan solidwork (klik disini (klick here)

- video 2 cara mudah membuat extra plane atau plane tambahan pada solidwork (klick here (klik disini)

- video 3 cara mudah membuat sketch 3D pada solidwork (klick here (klik disini)

- video 4 cara membuat gambar section atau potongan (klik disini (klik here)

-video 5 cara membuat break out section dan break view section (klik disini (klick here)

- video 6 cara membuat detail drawing dan skalanya menggunakan solidwork (klick here (klik disini)

- video 7 bermain parametric modeling solidwork dengan data excel yang dihubungkan konfigurasi gambar (klik disini (klick here)

- video 8 membuat screw atau baut secara custom menggunakan cosmetic treads solidwork (klik disini (klick here)

- video 9 membuat bench chair furniture sederhana sesuai konstruksi mebel dari awal sampai assembly drawing (klick here (klik disini)

- video 10 membuat bar cabinet furniture sederhana atau almari sesuai konstruksi mebel (klik disini (klick here))

- video 11 setting shortcut secara custom (klick here)

-12 surface tutorial #chair klik disini
- 13 membuat bill of material menggunakan tab bulider property (biasa digunakan di perusahaan manufacture klick here

-14 mencoba design mesin #engine design klick here  
- 15 furniture construction  7 hari bisa solidworks ( klick here  )

- 16 membuat referensi geometri dengan surface (fungsi surface) klik disini

- 17 Teknik menggambar langsung dari assembly (top bottom technique) klik disini

- 18 Insert custom decal (custom decal tools) klik disini
- 19 Uji trarik menggunakan solidworks klik disini
- 20 solidworks weldment klik disini
-21 membuat design dari gambar JGP pada Solidworks klik disini
-22 membuat krsi upholstery klik disini
-23 sheet metal table klik disini

SEMOGA BERMANFAAT BUAT BELAJAR KALIAN DAN SEMOGA BISA MENDAPAT PEKERJAAN SEBAGAI DRAFTER

Tutorial bisa dilihat dihalaman video tutorial
  

Comments

  1. terimakasih mas, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Apa Sih Kelebihan Solidworks??? >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Apa Sih Kelebihan Solidworks??? >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Apa Sih Kelebihan Solidworks??? >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK 09

    ReplyDelete
  4. Apa Sih Kelebihan Solidworks??? >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Apa Sih Kelebihan Solidworks??? >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Apa Sih Kelebihan Solidworks??? >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK rH

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MENGENAL KELEBIHAN AUTODESK INVENTOR

Autodesk Inventor    Autodesk salah satu produk dari Autodesk Corp. yang di peruntukkan untuk engineering design dan drawing . Autodesk Inventor merupakan produk dari CAD setelah Autocad dan Autodesk Mechanical Desktop.      Autodesk Inventor memiliki beberapa kelebihan dari Pada Autocad sehingga memudahkan Drafter dalam design  serta tampilan yang lebih menarik dan real . Keunggulan Autodesk Inventor adalah : 1. Memiliki kemampuan Parametic Solid Modeling , yaitu kemampuan untuk melakukan  design serta pengeditan dalam bentuk solid model dengan data yang telah tersimpan dalam data base. Dengan adannya kemampuan tersebut drafter/engineer dapat merevisi atau memodivikasi design yang ada tampa harus mendesign ulang sebagian atau seluruhnya . 2. Memiliki kemampuan Animation , yaitu kemampuan untuk menganimasikan suatu file assembly mengenai jalannya suatu alat yang telah di assembly dan dapat disimpan dalam file AVI. 3. Memiliki kemampuan Automatic Create Technical 2D draw

Pengenalan surface pada Solidworks ( solidworks surface)

   <<< Please click translate corner on side bar if you want to change the language, then click heading post to change a post language. Pengenalan surface     Solid bodies dan surface bodies adalah dua hal yang berbeda namun untuk seseorang pemula akan nampak hampir sama antar keduanya. Drafter dituntut mengerti apakah yang dia gambar itu termasuk dalam surface atau solid bodies. Formasi solid bodies dan surface bodies:   1. Geometry       Geometri menggambarkan bentuk, sesuatu yang menentukan apakah benda nantiya datar atau melengkung   2. Topology       Topology menjelaskan tentang relation model yang dibuat (hubungan):       - Sisi dalam vs sisi luar solid.       - Ujung-ujung yang bertemu        - Ujung-ujung yang membentuk sisi.       - Ujung-ujung yang berada diantara dua surface yang berdekatan. This dibscription below shows the correspondence between the two types of information:     1. Topology         - Face         - Edge